Minggu, 22 April 2012

Perjalanan menuju Sofifi ibukota Propinsi Maluku Utara

Propinsi Maluku Utara terletak di Bagian Timur negara Indonesia. Propinsi ini memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa. Kalau dulu kita mengenal Ternate sebagai ibukota propinsi, sekarang sudah tidak lagi. Pemerintah telah memindahkan ibukota propinsi ini ke Sofifi di pulau Halmahera. Hal itu membuat semua perkantoran pemda juga turut dipindahkan ke Sofifi.
Dari bandara Sultan Babullah di Ternate, anda dapat menyewa kendaraan untuk sampai ke pelabuhan laut Bastiong. Perjalanan dari bandara ke pelabuhan Bastion tidak jauh, lebih kurang 25 menit. Ya, Kota Ternate tempat Bandara Sultan Babullah berada memang merupakan daerah pulau yang tidak besar, yakni Pulau Ternate. Sebagian besar pulau tersebut merupakan tempat berpijaknya Gunung Gamalama nan Indah.
Dari pelabuhan Bastiong, anda dapat menggunakan ferry atau speed boat. Dengan speed boat, perjalanan menghabiskan waktu lebih kurang 35 menit dengan biaya Rp.50.000. Biaya tersebut jauh lebih murah bila menggunakan kapal ferry. Ferry ke Sofifi atau sebaliknya memiliki jadwal tetap sedangkan speed boat menunggu penumpang. Kalau demikian, anda dapat sewa speed boat jika anda menginginkannya.
Selamat sampai Sofifi nan Indah.

0 komentar: