Jumat, 18 Mei 2012

Kotak Hitam Pesawat

Saat terjadinya kecelakaan, kotak hitam atau yang biasa disebut "black box" menjadi sangat tenar. Benda ini akan terus dicari karena memang diklaim sebagai kunci dari misteri atas kecelakaan yang terjadi terhadap pesawat tersebut. Apa sebenarnya kotak hitam atau "black box" tersebut. Kotak hitam merupakan sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi. Sebenarnya warna kotak ini tidaklah hitam, melainkan berwarna orange. Kotak hitam (black box) umumnya merujuk pada perekam data penerbangan (flight data recorder/FDR) dan perekam suara cokpit (cockpit voice recorder/CVR) dalam pesawat terbang.
Kotak hitam berfungsi sebagai perekam komunikasi antara pilot dengan pemandu lalu lintas udara (Air Traffic Control/ATR). Selain itu, kotak hitam ini juga berfungsi untuk memberikan informasi tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Kotak Hitam umumnya ditempatkan pada bagian depan pesawat dan ekor pesawat. Tempat yang diyakini sebagai daerah kemungkinan akan ditemukan utuh saat terjadinya suatu kecelakaan.
Sedikit informasi, kotak hitam pertama kali dibuat oleh Dr.David Warren, seorang ahli ledakan. Dia membuat alat yang dapat merekam semua informasi sebelum terjadi kecelakaan.

0 komentar: